YAKOBUS ALFEUS, SATU DARI DUABELAS RASUL

Diperingati pada tanggal 9 Oktober (Julian), 22 Oktober (Gregorian).

      Js. Yakobus anak Alphaeus – salah satu dari Dua Belas Rasul, adalah saudara dari Js Matius sang Penginjil. Lahir pada abad 1SM, di Galilea, Yudea, bagaian dari imperium kekaisaran Romawi.

Setelah Turunnya Roh Kudus, Rasul Yakobus Alfeus, bersama dengan Rasul Andreas Yang Dipanggil Pertama (diperingati 30 November), melakukan perjalanan misionaris dan berkhotbah di Yudea, Edessa, Gaza, Eleutheropolis, dan mempertobatkan banyak orang di jalan keselamatan .

Di kota Mesir Ostrazin, Js. Yakobus menyelesaikan karya kerasulannya meemberitakan injil, dengan gugur sebagai seorang martir yang disalibkan oleh kaum pagan pada tahun 62M.

Tidak banyak informasi lain tentang Yakobus anak Alfeus tanpa berasumsi bahwa dia juga saudara Yesus. Tetapi Alkitab tidak memberi tahu kita bahwa “dia adalah … “. Itu tidak memberi tahu kita apa pun tentang dia sebagai individu. Apa yang kita ketahui adalah ini: sebagai salah satu dari Dua Belas rasul, Yakobus putra Alfeus tentu saja memegang peran penting dalam gereja mula-mula, dan kemungkinan besar dia memainkan peran penting dalam menyebarkan Injil di suatu tempat di Eurasia kuno, di Afrika.

Selain nama ayahnya, satu- satunya informasi lain yang tersisa adalah hubungan dekatnya dengan Yesus Kristus. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.