MaretSejarahSynaxarion

USKUP MARTIR THEODOTOS DARI KYRENEIA

Diperingati pada 2 Maret (Julian) / 14 Maret (Gregorian)

      Imam Martir Theodotos, penduduk asli Galatia di Asia Kecil, adalah uskup kota Kyreneia di Siprus. Selama masa penganiayaan terhadap orang-orang Kristen di bawah rezim kaisar Licinius yang tidak saleh (307-324M), Js Theodotos secara terbuka memberitakan Kristus, dan menyerukan kepada orang-orang kafir untuk meninggalkan penyembahan berhala dan beralih ke Tuhan yang Benar.

Gubernur Siprus Sabinus memberi perintah untuk menangkap dan membawa uskup Theodotos ke pengadilan. Setelah mengetahui tentang perintah ini, orang suci itu tidak menunggu prajurit yang dikirim untuk menangkapnya, tetapi sebaliknya segera pergi ke gubernur dengan kata-kata: “Aku di sini, yang engkau cari; aku telah menunjukkan diriku, untuk memberitakan Kristus Tuhan”. Maka gubernur memberi perintah agar orang suci itu dipukuli tanpa ampun, digantung di pohon dan ditusuk dengan alat tajam, lalu dibawa ke penjara.

Setelah lima hari Js Theodotos kembali dibawa ke gubernur, yang mengira bahwa uskup akan memilih untuk meninggalkan Kristus setelah disiksa, daripada menanggung penderitaan baru. Tetapi Js Theodotos tidak berhenti berkhotbah tentang Kristus. Akibatnya, gubernur memerintahkan para algojo untuk menempatkan orang suci itu di atas jeruji besi, di mana mereka menyalakan api unggun, dan kemudian memakukan paku ke kakinya dan membiarkannya pergi.

Banyak yang menyaksikan penderitaan sang martir: tercengang atas ketekunan orang suci itu dan perkataannya yang diilhami Ilahi, mereka menjadi percaya kepada Kristus. Mengetahui hal ini, Sabinus memberi perintah untuk menghentikan penyiksaan dan mengunci orang suci itu di penjara.

      Selama masa pemerintahan Kaisar Konstantinus Agung (diperingati 21 Mei), kebebasan diberikan kepada semua orang Kristen yang tertawan, juga untuk pengakuan iman mereka dan di antara yang dibebaskan dari penjara juga adalah Js Theodotos. Orang suci itu kembali ke Kyreneia dan setelah dua tahun melayani sebagai uskup, dia meninggal dengan damai kepada Tuhan sekitar tahun 326M.

Satu pemikiran pada “USKUP MARTIR THEODOTOS DARI KYRENEIA

  1. I must thank you for the efforts youve put in penning this site. I am hoping to check out the same high-grade blog posts by you in the future as well. In fact, your creative writing abilities has motivated me to get my very own blog now 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *