OktoberSynaxarion

TROFIMO, SABBATIOS DAN DORIMEDONTOS MARTIR KUDUS

Diperingati pada 19 September (Julian)

Para Martir Suci Trophymos, Sabbatios dan Dorimedontos menderita bagi Kristus selama pemerintahan kaisar Romawi Probus (276-282M).

Suatu kali di kota Antiokhia sebuah hari raya kafir sedang dirayakan – persembahan korban dibawa, anggur dituangkan, dan perbuatan keji dilakukan.

Orang-orang Kristen Trophymos dan Sabbatios tiba di kota Anthiokia, dan dengan kesedihan melihat tontonan yang keras dan tidak senonoh ini, mereka memohon kepada Tuhan untuk membimbing orang-orang sesat yang merayakan kekafiran itu kepada jalan keselamatan. Akibatnya, mereka ditangkap dan dibawa ke gubernur Anthiokia.

Pada saat interogasi, orang-orang kudus ini dengan tegas mengakui iman mereka, dan ketika mereka dituntut untuk melepaskan iman mereka, mereka menjawab dengan penolakan yang tegas.

Selama masa siksaan sengit, Js. Sabbatios meninggal, dan Js. Trophymos dikirim, untuk siksaan yang lebih mengerikan, ke kota Synnada kepada gubernur Frigius Dionysius, yang terkenal sebagai penyiksa dan algojo. Maka, dengan bersandal besi dengan paku tajam, Js. Trophymos selama tiga hari berjalan kaki, dikawal oleh pasukan berkuda. Penyiksa yang terampil menggunakan segala cara penyiksaan untuk mematahkan kehendak orang Kristen yang pemberani – tetapi Js. Trophymos hanya mengulangi kata-kata Kitab Suci: “banyak penderitaan menimpa orang benar, tetapi dari mereka semua Tuhan akan membebaskannya” (Mzm. 33 [34]: 20).

Para algojo melemparkan sang Jana Suci ke penjara, di mana ia dikunjungi oleh seorang Kristen – senator Dorimedontos. Dia merawat Js.Trophymos, mencuci dan mengikat luka-lukanya. Ketika ini menjadi perhatian para penyiksa, mereka mulai menuntut Dorimedontos meninggalkan agama Kristen, namun ia tetap bertahan dalam imannya. Akibatnya, kemudian mereka melemparkannya bersama dengan Js Trophymos agar dimangsa oleh binatang buas. Tetapi para martir tetap tidak tersentuh oleh binatang-binatang buas itu. Kemudian para algojo memenggal kepala mereka dengan pedang.

Bacaan Kitab Suci

1 Korintus 4:17-5:5
Matius 24:1-13
1 Korintus 1:26-29 Sabtu Sesudahnya
Yohanes 8:21-30 Sabtu Setelahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *