Liturgi

PROSFORA

Diposkan

ROTI EKARISTI (PERJAMUAN TUHAN) DALAM GEREJA TIMURMENURUT TRADISI BYZANTIUM

DOA PENGAKUAN DOSA SEBELUM MEMBUAT PROSFORA

Kemuliaan bagi Sang Bapa, Sang Putra serta Sang Roh Kudus, sekarang dan selalu serta sepanjang segala abad. Amin.

Ya Raja Sorgawi, Penghibur, Roh Kebenaran, yang hadir di segala tempat serta Pemenuh segala sesuatu, Harta Simpanan segala kebajikan serta Sang Pemberi Hidup, datanglah dan tinggallah dalam kami serta bersihkanlah kami dari segala kenajisan, dan selamatkanlah jiwa kami, Ya Yang Mahabaik.

Allah Mahakudus, Sang Kuasa Mahakudus, Sang Baka Mahakudus, kasihanilah kami. (3x)

Kemuliaan bagi Sang Bapa, Sang Putra serta Sang Roh Kudus, sekarang dan selalu serta sepanjang segala abad. Amin.

Ya Sang Tritunggal Mahakudus kasihanilah kami. Ya Tuhan ampunilah dosa-dosa kami. Ya Baginda maafkanlah pelanggaran-pelanggaran kami. Ya Sang Mahasuci kunjungilah kami dan sembuhkanlah kelemahan-kelemahan kami demi nama-Mu.

Tuhan kasihanilah. Tuhan kasihanilah. Tuhan kasihanilah.

Kemuliaan bagi Sang Bapa, Sang Putra serta Sang Roh Kudus, sekarang dan selalu serta sepanjang segala abad. Amin.

Bapa kami ya di sorga, dikuduskanlah nama-Mu. Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu, di bumi seperti di soga. Berikanlah pada hari ini makanan kami yang secukupnya. Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami. Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari yang jahat.

Tuhan kasihanilah. (12x)

Marilah kita menyembah dan bersujud kepada Raja dan Allah kita.

Marilah kita menyembah dan bersujud kepada Kristus Raja, Allah kita.

Marilah kita menyembah dan bersujud di hadapan Kristus, Raja, Allah kita.

Ya Tuhan, Allah yang Mahabaik dan berbelas kasih, kepada-Mu hamba mengakui semua dosa-pelanggaran yang telah dilakukan tiap-tiap hari, baik dalam pikiran, perkataan dan perbuatan, baik jiwa dan tubuh. Dengan sungguh-sungguh aku memohon pengampunan karena aku telah melanggar ketetapan-Mu. Ya Tuhan, dalam belas kasihmu ampunilah aku atas pelanggaran yang telah aku buat di waktu yang lalu dan lepaskan aku dari padanya. Dengan tekad yang kuat, oleh rahmat-Mu, agar aku dapat mengubah cara hidup yang lama dan tidak berbuat dosa lagi, dan aku dapat berjalan di jalan kebenaran dan mempersembahkan pujian dan kemuliaan, demi Sang Bapa, Sang Putra serta Sang Roh Kudus, sekarang dan selalu serta sepanjang segala abad. Amin.

DOA SEBELUM MEMBUAT PROSFORA

Allah Mahakuasa, pertolongan dan benteng perlindungan kami, mata air kebijaksanaan dan menar kekuatan, yang mengetahui bahwa kami tak dapat berbuat tanpa pertolongan-Mu: Tolonglah aku, aku memohon kepada-Mu, arahkan aku kepada kebijaksanaan dan kuasa ilahi, sehingga dapat mempersembahkan roti persembahan ini, dalam ketekunan dan iman sesuai dengan kehendak-Mu, sehingga menjadi keberkatan bagi diriku dan bagi orang lain; karena bagi-Mulah kerajaan, kuasa dan kemuliaan: Sang Bapa, Sang Putra serta Sang Roh Kudus, sekarang dan selalu serta sepanjang segala abad. Amin.

DOA SEBELUM MEMANGGANG PROSFORA

Ya Tuhan, roti yang dibuat ini menggambarkan setiap orang dalam keluargaku dan umat-Mu. Aku persembahkan diriku kepada-Mu, setiap kehidupanku, dalam ketaatan, kerendah-hatian dan penyerahan kepada-Mu. Melalui roti ini, aku menyerahkan diri di altar suci-Mu untuk digunakan cara apa pun untuk dapat memperluas kerajaan-Mu. Terimalah persembahan ini dan jadikan aku layak untuk menerima karunia yang lebih besar yang akan Engkau berikan kepadaku ketika Engkau menyucikan roti ini dan memberikannya kembali kepadaku sebagai tubuh-Mu yang berharga. Amin.

Melalui doa-doa dari bapa dan ibu suci, ya Tuhan Yesus Kristus, kasihanilah kami dan selamatkanlah kami. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *