DesemberSynaxarion

Peringatan Hierark Kudus Gregory Uskup Agrigentum [680]

Diperingati oleh Gereja Orthodox pada tanggal 6 Desember (kalender sipil) / 23 November (kalender Gereja).

Gregory anak Chariton dan Theodora lahir di Agrigentum di Sisilia. Ia dibaptis dan diangkat menjadi pembaca oleh Uskup Potamion. Pada usia delapan-belas tahun ia berziarah ke Yerusalem dan ditahbiskan menjadi Diakon oleh Makarios, Uskup Yerusalem. Ia berperjalanan ke Konstantinopel dan ke Roma di mana ia ditahbiskan menjadi Uskup di Agrigentum.

Gregory mengerjakan berbagai mukjizat dan menggembalakan umatnya dengan giat. Dua orang Imam, Sabinus dan Crescentius, memfitnahnya sebagai penzinah sehingga ia dipenjarakan selama dua setengah tahun.
Akhirnya ia membuktikan dirinya dengan mengusir roh jahat dari perempuan yang memfitnahnya. Uskup Gregory wafat dalam damai pada usia yang amat lanjut.


Troparion Irama I


‘Ya Allah Bapa kami, berlakulah kepada kami sesuai dengan kelemahlembutanMu. Janganlah mengambil rahmatMu dari kami, namun melalui permohonan-permohonan mereka arahkanlah hidup kami dalam Damai’


Kontakion Irama IV


‘Dengan sinar-sinar Sang Roh Kudus yang menyinarkan terang agung Gereja, menerangi jalan mereka yang merayakan wafatmu yang berkesukaan pada hari ini, ya Bapa yang Benar, Gregory yang Paling-Terberkati’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *