OktoberSynaxarion

Peringatan Cleopatra yang Terberkati (327)

1 November (Greg)/19 Oktober (Julian)

Cleopatra yang Terberkati berasal dari desa Edra dekat Gunung Tabor di Palestina. Ia hidup pada masa Martir Kudus Yaris yang menderita dengan sukarela. Setelah dieksekusi, Cleopatra yang diberkati memindahkan tubuh martir kudus itu ke negaranya dan menguburkannya di sana dengan hormat.

Cleopatra hanya memiliki seorang putra yang terkasih, Yohanes, yang telah mencapai pangkat perwira yang terhormat. Namun ia menjadi sangat sedih karena Yohanes tiba-tiba meninggal. Dengan air mata kesedihan Cleopatra berpaling ke relik Martir Kudus Yaris dan memohon kepadanya untuk menghidupkan kembali putranya.

Ketika Martir Kudus Yaris dan putranya menampakkan diri kepada Cleopatra dalam mimpi, pakaian mereka nampak bersinar dengan mahkota di atas kepala mereka, – ia menyadari, bahwa Tuhan telah menerima putranya dalam pemeliharaan sorgawi, dan ia merasa terhibur.

Setelah itu Cleopatra mulai hidup di sebuah gereja, yang dibangun olehnya di atas relik Martir Kudus Yaris dan putranya Yohanes, dan ia berusaha untuk memperoleh rahmat Tuhan dengan perbuatan baik. Ia membagikan hartanya kepada orang miskin dan menghabiskan waktunya untuk berdoa dan berpuasa. Setelah tujuh tahun hidup saleh, orang suci yang diberkati ini beristirahat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *