DesemberSynaxarion

Ketiga Martir Kudus Thrysus, Leukius, Dan Kallinikus Dari Apollonia [250]

Diperingati oleh Gereja Orthodox pada tanggal 27 Desember (kalender sipil) / 14 Desember (kalender Gereja)

Ketiga Martir Kudus Thyrsus, Leukius, dan Kallinikus berasal dari Asia Kecil. Mereka bertanding demi kesalehan pada masa pemerintahan Kaisar Decius pada tahun 250. Leukius, yang menyaksikan pembantaian terhadap orang-orang Kristen, mengecam Gubernur Cumbricius, sehingga ia digantung, disayat-sayat tanpa-ampun di kedua sisinya, lalu dipenggal.

Sebab dengan berani mengaku sebagai seorang Kristen dan mengecam Gubernur yang menyembah berhala, Thyrsus, disiksa dan digergaji, namun gergaji itu tidak bisa memotongnya, dan menjadi sangat berat di tangan algojo-algojo. Thyrsus lalu menyerahkan rohnya kepada Allah di Apollonia di Hellespont.

Kallinikus, yang sebelumnya adalah seorang pendeta berhala-berhala, dipertobatkan melalui kemartiran dan Mukjizat-Mukjizat oleh Thyrsus, sehingga ia pun dipenggal.


Troparion Irama IV


‘Para MartirMu, ya Tuhan, dalam pertandingan mereka yang berani demiMu telah menerima sebagai hadiah Mahkota Tanpa-Binasa dan Hidup dariMu, Allah kami Yang Baka. Sebab mereka memiliki kuat-KuasaMu, mereka telah menggulingkan para penindas dan sepenuhnya menghancurkan keangkuhan sia-sia roh-roh jahat. Ya Kristus Allah, oleh doa mereka, selamatkanlah jiwa kami, sebab Engkau Penuh-Rahmat’


Kontakion Irama II


‘Menghardik si penindas yang fasik, ya Pahlawan-Pahlawan Iman dan Kesalehan, kalian telah mengecam haus kebinatangannya akan darah, dan diperkuat oleh pertolongan Kristus, ya Thyrsos dan Leukios, kalian telah menaklukkan amuk perlawanannya. Bersama mereka yang telah menanggung derita bersama kalian, berdoalah bagi kami’

.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *