DesemberSynaxarion

Janasuci Alexander dari Methymni, Pembuat Mukjizat, Episkop Pertama Methymna di Lesbos dan Delegasi yang Hadir dalam Konsili Ekuminis Pertama, 325

Diperingati Gereja Orthodox pada 13 Desember (kalender Sipil) / 30 November (Kalender Gereja Purba)

Tradisi Suci Gereja menyebutkan bahwa Janasuci Alexander adalah Espiskop pertama Methymni (sebuah kota di Kreta, Yunani). Beliau mengambil bagian dalam Konsili Ekumenis Pertama pada tahun 325. Tradisi Suci juga, menyebutkan bahwa beliau mendirikan komunitas monastik (biara) di dekat desa Lafiona, di mana dia menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya.

Tak jauh dari desa Lafiona, ditemukan beberapa reruntuhan yang disebut sebagai bekas biara yang didirikan janasuci Alexander. Sebuah sarkofagus batu besar diyakini merupakan tempat di mana Janasuci ini dimakamkan. Di atas sarkofagus juga terdapat sebuah prasasti.

Pada sebuah catatan homily di hari pesta nama Janasuci Alexander, disebutkan bahwa beliau dipuji sebagai “tokoh yang waspada, gembala yang lembut, menjaga kawanannya dalam kesalehan, memimpin dan menggembalakan dengan berwibawa, mengusir serigala berbahaya yang sesat.” Lebih jauh dikatakan bahwa dia adalah sebagai “bintang yang sangat bersinar dalam monastisisme.” Di homili yang lain dikatakan bahwa “tubuh relik sucinya menjadi penyembuh penderitaan.” Meskipun informasi perihal biografi atau sejarah terbilang tak lengkap, namun Gereja menyebutkan bahwa beliau adalah seorang “penganut Tritunggal,” yang berarti bahwa dia merupakan seorang episkop yang memberitakan iman Kristen melawan bidat kala itu.

Kidung Apolitikom – Irama IV


Engkau memproklamirkan Tritunggal Mahakudus yang bijaksana / dan menjaga keindahan kemurnianmu, / engkau dianggap sebagai bapa yang dipilih dan teman sejati Kristus yang dengan sungguh-sungguh menjadi pengantara, / kepala presbiter Methymni, / pengemban Tuhan / Alexander / engkau membanggakan Lesvos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *