JanuariSynaxarion

Hirarki Kudus, Js. Athanasius Agung (☦️373) dan Js. Kiril (☦️444), Para Episkop Agung Alexandria

Diperingati Gereja Orthodox pada 31 Januari (kalender sipil) / 18 Januari (Kalender Gereja Purba)

Js. Athanasius hidup selama masa pemerintahan Konstantin Agung (306-337) dan hadir di Konsili Ekumenis Pertama di Nikea pada tahun 325 sebagai Diakon dari Episkop Agung Alexander dari Aleksandria. Di sana dia mempermalukan Arius dengan kata-kata bijaknya dan fakta-fakta dari Kitab Suci. Setelah Episkop Alexander wafat, dia diangkat menjadi Episkop Agung Alexandria. Karena Konstantius (337-361), putra Konstantin Agung, adalah seorang penganut bidat Arianisme, ia mengasingkan Athanasius Agung ini ke berbagai tempat. Setelah empat puluh tahun dalam penganiayaan seperti itu dan beliau tetap teguh pada iman Orthodoxnya, beliau berpulang kepada Tuhan.

Sementara Js. Kiril *) hidup selama pemerintahan Theodosios the Younger (408-450), dan merupakan keponakan dari Episkop Agung Theophilos dari Aleksandria. Ia menjadi pengganti Theophilos. Dia adalah pemimpin dari Konsili Ekumenis Ketiga di Efesus pada tahun 431. Ia meng-anathema (mengutuk) Nestorius atas ajaran bidatnya, yang mengucapkan banyak hujatan terhadap Sang Theotokos Maria. Js. Kiril ini hidupnya bersinar dengan banyak keberhasilan dan kebajikan. Secara penampilan fisik, Js. Athanasius memiliki tinggi rata-rata dan usia, agak gemuk, sedikit bungkuk, wajah rupawan, kulit terang, kepala botak, berhidung mancung seperti elang. Wajahnya tidak panjang, tetapi dia memiliki dagu lebar, janggut rata-rata, dan mulut kecil. Js. Kiril agak terang warna kulitnya, alisnya lebat, besar, dan bulat sesuai. Dia berhidung panjang dan berpipi panjang, dengan bibir sedikit lebar, kepala botak, celah kecil di antara matanya, dan janggutnya lebat dan panjang. Rambutnya dikeriting dan agak pirang, dengan campuran rambut putih dan hitam. Synaxis mereka dirayakan hari ini di Gereja Kudus.

Catatan: *) Hari peringatan utama Js. Kiril bukan hari ini, melainkan 9 Juni (kalender Gereja purba). Hari ini kita memperingati pelarian Js. Kiril dari Aleksandria ke Efesus, karena hal itu membawa banyak kebaikan bagi Gereja Kristus, sejak Sinode Ekumenis Ketiga berlangsung di sana dan ajaran sesat Nestorius dikutuk, sementara Orthodoxia ditegakkan. Js. Athanasius secara individu diperingati pada tanggal 9 Mei (kalender Gereja purba), yang merayakan pemindahan reliknya. Tanggal bersama pada 18 Januari (kalender Gereja) hari ini pertama-tama dikaitkan dengan tanggal wafat Js. Athanasius.

Kidung Apolytikion – Irama Ketiga

Engkau bersinar dengan kata-kata Orthodoxia dan memadamkan semua bid’ah, dan menjadi pembawa tropi kemenangan. Engkau memperkaya segala sesuatu dengan kesalehan yang sangat menghiasi Gereja, dan dengan layak menemukan Kristus, Allah kita; melalui doa-doamu, Dia memberikan belas kasihan kepada semua.

Kidung Kontakion – Irama Keempat

Hierarki Agung dan pemenang dari Gereja Kristus, lindungilah semua yang bernyanyi: “ya Tuhan yang welas asih, selamatkan mereka yang dengan iman menghormati-Mu”

Referensi :

Saint and Feast, Johnsanidopoulos

.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *