FebruariSynaxarion

Brigid yang Kudus dan Benar dari Hibernia [524]

Diperingati Gereja Orthodox pada 14 Februari (kalender sipil) / 1 Februari (Kalender Gereja Purba)

Brigid lahir di Ulster dari keluarga bangsawan yang telah dipertobatkan oleh Uskup Patrick. Ia sangat elok dan ayahnya berencana menikahkannya kepada Raja Ulster. Namun pada usia enam-belas tahun ia memohonkan Tuhannya Yesus Kristus untuk membuatnya menjadi tidak menarik agar tidak ada yang mau menikahinya dan ia bisa mengkhususkan diri kepadaNya. Segera ia kehilangan salah satu matanya dan diizinkan memasuki Monasteri.

Pada hari ia mengambil Sumpah Kerahiban, ia secara Ajaib disembuhkan dan matanya dipulihkan kembali. Di dekat Dublin, ia membangun ruang di bawah sebatang pohon ek yang kemudian disebut Killdara atau Ruang Pohon Ek. Segera tujuh gadis lainnya bergabung bersamanya dan mendirikan Monasteri Killdara yang kemudian menjadi kota Katedral Kildare. Monasteri ini bertumbuh dengan cepat dan menjadi Monasteri ganda dengan tempat tinggal bagi lelaki dan perempuan, di mana Ibu-Monasteri memegang tingkatan di atas Bapa-Monasteri.

Darinya beberapa Monasteri lainnya didirikan di seluruh Hibernia. Brigid menubuatkan wafatnya dan jatuh tertidur dalam damai pada tahun 524. Ia meninggalkan Peraturan Kerahiban untuk mengatur semua Monasteri yang berada di bawah pemeliharaannya. Pada Abad Pertengahan penghormatan kepadanya menyebar di seluruh Eropa.

.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *