FebruariSynaxarion

Andreas Rublev sang Ikonografer

Diperingati Gereja Orthodox pada 11 Februari (kalender sipil) / 29 Januari (Kalender Gereja Purba)

Js. Andreas Rublev, ikonografer terhebat Rusia, dilahirkan di dekat Moskow sekitar tahun 1360 dan 1370. Ketika masih sangat muda, ia pergi ke Biara Tritunggal Mahakudus, dan sangat terkesan oleh Js. Sergius dari Radonezh (25 September).

Setelah kematian Js. Sergius pada tahun 1392, Js. Nikon (17 November) menggantikannya sebagai igumen. Js. Andreas menjadi seorang Novis di biara di bawah Js. Nikon. Beberapa waktu sebelum tahun 1405 ia pindah ke Biara Spaso-Andronikov yang didirikan oleh Js Andronikus (13 Juni), dengan berkat Js. Nikon. Di sana Js. Andreas menerima tonsur monastik dan diajar ikonografi oleh Theophanes, orang Yunani dan biarawan Daniel sesama petapa teman Js. Andreas.

Js. Andreas pertama kali disebutkan dalam catatan sejarah pada tahun 1405, ketika dia, Theophanes dan Prochorus melukis katedral Annunciation. Proyek penting berikutnya, yang ia lakukan bersama rahib Daniel adalah melukis Fresco/ lukisan dinding di Katedral Dormition di Vladimir pada tahun 1408.

Js. Nikon dari Radonezh meminta Js. Andreas dan Daniel untuk melukis Gereja baru di biara yang dibangun kembali dari Tritunggal Mahakudus, yang telah dihancurkan oleh bangsa Tatar tahun 1408. Pada saat itu Js. Andreas melukis ikonnya yang paling terkenal: Tritunggal Kudus (sebenarnya, Keramahan Abraham).

Js. Andreas tertidur di dalam Tuhan antara tahun 1427-1430 dan dimakamkan di Biara Andronikov. Dia berusia lebih dari tujuh puluh tahun pada saat kematiannya. Rahib Daniel, yang wafat sebelum Js. Andreas, menampakkan diri kepada temannya dan mendesaknya untuk bergabung dengannya dalam berkat abadi.

(oca.org/saints/lives/2017/07/04/101893)

.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *