Wejangan Para Bapa Gereja

Wejangan Js. Efraim dari Siria

Tidak ada Kristus lain atau kebenaran lain…

Wol dapat dicelup, tetapi zat hakekatnya tidak berubah…

Demikian juga kebenaran dinyatakan dalam berbagai cara, tetapi dalam hakekatnya tetap sama. Karena pada kodratnya kebenaran hanyalah satu. Kebenaran dalam dan dari dirinya sendiri tidak dapat dibagi, tetapi dipilah-pilah hanya oleh mulut pemikir yang berani.

( Js. Efraim dari Siria )

.

.

Terberkatilah mereka yang dengan sukarela dan ikhlas merendahkan dirinya senantiasa, sebab ia akan menerima mahkota mulia dari Dia yang rela merendahkan diri-Nya bagi semua manusia.

(Js. Efraim dari Siria)

.

.

Ya Tuhan, Raja Sorgawi, Penghibur, Roh Kebenaran, bermurahlah dan kasihanilah hamba-Mu ini, janganlah Kaupandang ketidak-layakanku dan ampunilah setiap dosa yang telah aku perbuat dalam keberadaan manusiaku pada hari ini, bahkan dosa yang jauh lebih buruk daripada binatang liar, yang kuperbuat dengan sukarela, baik yang ketahuan maupun yang tak ketahuan, sejak masa kecilku dan setiap hawa nafsu kejahatan dalam segala ketegar-tengkukan dan kebosanan.

Js. Efraim dari Siria (Doa Pengakuan Dosa hari Selasa)

.

.

Takut Akan Allah

Takut akan Allah menerangi jiwa, melenyapkan kejahatan, melemahkan hawa nafsu, mengusir kegelapan dari jiwa dan memurnikannya. Takut akan Allah adalah puncak paripurna dari segala hikmat. Engkau akan menemukan segala sesuatu yang baik. Siapa pun yang tidak memiliki takut akan Allah mudah jatuh secara mengerikan.

(Js. Efraim orang Siria)

.

.

Siapapun juga yang takut akan Allah berdiri mengatasi segala jenis ketakutan. Ia telah menjadi asing terhadap semua ketakutan dunia ini dan menaruhnya jauh-jauh dari dirinya dan tidak ada kegentaran yang datang mendekatinya.

(Js. Efraim dari Siria, Mengenai Takut akan Allah)

.

.

Kitab Suci

Ketika engkau mulai membaca atau mendengarkan Kitab Suci, berdoalah kepada Allah demikian, “Tuhan Yesus Kristus, bukalah telinga dan mata hatiku agar hamba dapat mendengar firmanMu dan mengertinya agar dapat melaksanakan kehendakMu.” Berdoalah kepada Allah senantiasa seperti itu, sehingga Ia akan menerangi pikiranmu dan membawamu ke dalam kuasa firmanNya. Banyak orang yang mengandalkan pengertian mereka sendiri telah jatuh ke dalam muslihat.

(Js. Efraim dari Siria)

.

.

Penghakiman Akhir

Tidak hanya pria, tetapi juga wanita, kaum hawa, yang telah rela melewati jalan yang sempit Kristus, telah menerima Kerajaan Sorga. Sebab bukan perkara laki-laki atau perempuan, tapi semua orang menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri.

(Js. Efraim dari Siria, Khotbah mengenai Kedatangan Tuhan yang Kedua)

.

.

Kehendak Allah dan Kehendak Kita

Sejauh seseorang mengerat dan merendahkan kehendaknya sendiri, ia melangkah maju menuju keberhasilan. Tapi sejauh ia keras kepala mempertahankan kehendaknya sendiri, sebanyak itulah dia membawa dampak buruk pada dirinya sendiri.

(Js. Efraim dari Siria, Nasihat kepada Calon Rahib)

.

.

Yang Tak Memiliki Kasih

Siapa yang jauh dari cinta kasih ada dalam keadaan yang buruk dan harus dikasihani. Dia melewati hari-harinya dalam mimpi dan mengigau, jauh dari Tuhan, kehilangan cahaya dan dia hidup dalam kegelapan. Barangsiapa tidak memiliki kasih Kristus adalah musuh Kristus. Ia berjalan dalam kegelapan dan mudah mengarah ke dosa.

(Js. Efraim dari Siria, Homili pada kebajikan dan kejahatan)

.

.

Bagaimana Mengungkapkan Kasih

Berbahagialah orang memiliki cinta kasih untuk Tuhan karena ia menyandang Allah dalam dirinya. Seseorang yang memiliki cinta kasih berada bersama dengan Allah, di atas segala sesuatu. Siapapun yang memiliki kasih dalam dirinya tidak akan takut. Dia tidak pernah marah pada siapapun, juga tidak meninggikan dirinya di atas siapapun. Dia tidak memfitnah siapa pun, juga tidak mendengarkan pemfitnah tersebut. Dia tidak bersaing dengan siapapun, tidak cemburu, tidak bersuka cita pada kegagalan orang lain, tidak mencemooh orang yang jatuh, tetapi bersimpati dengan dia dan membantunya. Dia tidak meremehkan saudaranya yang terjatuh ke dalam kebutuhan, sebaliknya membantu dia dan siap untuk mati baginya. Siapa pun memiliki kasih memenuhi kehendak Allah.

(Js. Efraim dari Siria, Surat Akhlak Rohani)

.

.

Napsu Cemar

Jangan biarkan matamu melihat ke sana-sini dan janganlah melihat pada keelokan orang lain agar setan tidak menaklukkanmu dengan bantuan dari matamu.

(Js. Efraim dari Siria)

.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *