TENTANG

PENGAKUAN IMAN

  • Gereja Orthodox Indonesia mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru
    Selamat.
  • Sebagai Dasar Pengakuan Iman Gereja Orthodox Indonesia adalah Pengakuan
    Iman Nikea yang dirumuskan oleh Konsili Agung Ekumenis Gereja Orthodox bulan
    Juni tahun 325 Masehi, pada saat Pemerintahan Kaisar Konstantinus Agung dan
    Konsili Agung Ekumenis kedua di Konstantinopel tahun 381 Masehi dengan
    rincian ringkasnya sebagai berikut:
    1)Kami percaya pada satu Allah (yang Tritunggal), yaitu:
    Sang Bapa (wujud Allah yang Esa), Sang Putra (Firman Allah yang sejak
    kekal berada di dalam diri/ wujud Allah yang Esa itu) serta melalui-Nya Allah
    menciptakan segala ciptaan, serta Sang Roh Kudus (Roh Allah sendiri
    sebagai prinsip hidup dan kuasa Allah yang sejak kekal berada di dalam diri/
    wujud Allah yang Esa itu, dan yang melalui-Nya Allah memberi kehidupan
    pada segenap ciptaan).
    2) Kami percaya bahwa dunia diciptakan oleh Allah melalui Firman Allah bersifat
    baik, agar akhirnya nanti ikut ambil bagian dalam kemuliaan-Nya.
    3) Kami percaya bahwa malaikat sebagai makluk Roh diciptakan baik, untuk
    melayani Allah dan orang-orang tebusan-Nya.
    4) Kami percaya bahwa salah satu dari malaikat penghulu yang bernama Lucifer
    menyalahgunakan kehendaknya bersama malaikat lainnya dengan
    memberontak terhadap Allah, menjadi iblis dan roh-roh jahat, serta menjadi
    musuh manusia dan musuh kehendak Allah.
    5) Kami percaya bahwa manusia diciptakan mulia, yaitu menurut Gambar dan
    Rupa-Nya, untuk ambil bagian dalam kodrat ilahi, namun oleh
    ketidaktaatannya jatuh ke dalam dosa, iblis dan maut.
    6) Kami percaya bahwa Yesus Kristus adalah Firman (Anak) Allah yang
    menjelma menjadi manusia, sungguh Allah dan sungguh manusia memiliki
    dua kodrat (Ilahi manusiawi) dalam satu Hypostatis dari Firman Allah yang
    kekal.
  • 7) Kami percaya bahwa Maria telah dipakai menjadi menjadi Ibu Penjelmaan
    Firman Allah dalam kemanusiaan-Nya dan menyediakan tubuh jasmani bagi- Nya bagi keselamatan kita, oleh karena itu kami menghormatinya.
    8) Kami percaya bahwa keselamatan tidak bisa dicapai hanya dengan
    perbuatan baik saja, Yesus Kristus telah mati tersalib dan bangkit serta naik
    ke sorga menyediakan keselamatan bagi kita.
    9) Kami percaya bahwa Roh Kudus (Roh Allah) sendiri, menggantikan,
    mengkomunikasikan, menghadirkan karya dan Pribadi Yesus kepada
    manusia melalui Gereja-Nya.
    10) Kami percaya bahwa orang percaya pada Yesus yang sudah dibaptis,
    disatukan oleh Roh Kudus menjadi tubuh Kristus/ Gereja, sedangkan sifat
    Gereja adalah: - Satu : Satu karena Allah satu, Yesus satu dan Roh Kuduspun
    satu. - Kudus : Karena Allah Kudus, Yesus Kudus, Rohpun
    menguduskan melalui sakramen. - Katolik : Karena melalui Gereja kepenuhan wahyu Allah
    dinyatakan bagi Gereja untuk segala bangsa. - Apostolik : Karena Gereja itu didirikan, mengajarkan, menghidupi,
    melaksanakan segala sesuatu yang diberitakan oleh
    Para Rasul.
    11) Kami percaya pada dua Sakramen Utama (Baptisan dan Perjamuan Kudus)
    dan lima Sakramen lainnya: Pengurapan Kudus, Pengakuan Dosa,
    Pengolesan Minyak Suci, Pernikahan Kudus, Pentahbisan Kudus serta
    melaksanakan puasa-puasa, sembahyang-sembahyang harian, ibadahibadah gereja yang terdiri dari Sembahyang Senja, Sembahyang Singsing
    Fajar, Liturgi Suci, serta perayaan-perayaan gereja yang bersifat non
    sakramental dan ibadah-ibadah khusus.
    12) Kami percaya sejak berdirinya Gereja, Roh Kudus membimbing Gereja
    kepada seluruh kebenaran. Bentuk dan bimbingan Roh Kudus ini adalah
    Penulisan dan Kanonisasi Alkitab (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru),Konsili-Konsili Gereja baik Ekumenis maupun lokal, ajaran Bapa-Bapa
    Gereja, Liturgi-Liturgi Gereja, Karya Seni Gereja (Ikon, Arsitektur Gereja dan
    Kidung-Kidung Gereja), Pengakuan Iman Gereja, Kehidupan para Orang
    Kudus Gereja, Hukum Kanon Gereja yang tertulis di dalam Kitab Pedalion.
    13) Kami percaya bahwa orang yang mati dalam Kristus akan langsung mencicipi
    sebagian kebahagiaan Sorga dan orang kafir akan mencicipi sebagian
    siksaan neraka pada saat meninggal. Dan kami percaya juga akan
    kedatangan Yesus yang kedua untuk menghakimi orang hidup maupun orang
    mati yang telah dibangkitkan langsung sesudah mati serta mendirikan
    Kerajaan Kekal, yang didahului kedatangan Anti Kristus (Almasih ad-Dajjal)
    untuk dimusnahkan Kristus pada saat kedatangan-Nya di akhir zaman.