TENTANG

ABOUT US

Gereja Orthodox Indonesia (GOI) adalah Gereja Orthodox yang melayani umat Orthodox di Indonesia dan yang menggunakan Kalender Julian sebagai kalender gerejawi. Pada tahun 1991 secara resmi Gereja Orthodox Indonesia yang berpusat di Solo telah didaftar di Departemen Agama Pusat,.dengan Keputusan No: 189/th.1991, dan diperbarui lagi dengan nomor : F/Dep.Kep./ Hk 005/ 19/637/ 1996 Tanggal 12 Maret 1996. Sekarang Pusat Gereja Orthodox Indonesia di Jakarta dan terdaftar dengan SK Dirjen Bimas Kristen Depag RI Nomor: F/Kep./Hk.00.5/20/708/2001, yang diperbaharui dengan SK Dirjen Bimas Kristen Depag R.I. no.: DJ.III/Kep/Hk.00.5/190/3212/2006. Lembaga Gerejawi yang disebut “Gereja Orthodox Indonesia” (“GOI”) ini adalah satu-satunya lembaga resmi dari Gereja Orthodox di Indonesia, yang merupakan lembaga lokal nasional, dan berada langsung di bawah bimbingan DEPAG RI melalui Dirjen Bimas Kristen, jadi GOI bukan di bawah wilayah yurisdiksi ke-Episkop-an Gereja Orthodox yang berada di luar negeri manapun.

Dengan demikian secara hukum di Indonesia tidak ada yang disebut sebagai Gereja Orthodox Yunani, Gereja Orthodox Rusia, atau Gereja Orthodox dari yurisdiksi asing manapun itu, yang eksis secara hukum hanyalah “Gereja Orthodox Indonesia” (“GOI”) dengan Arkhimandrit Rm. Daniel BD Byantoro Ph.D., Pendiri dan Ketua Umumnya. Tanggung jawab hukum para pengurus GOI adalah langsung kepada Pemerintah Indonesia, melalui DEPAG RI di bawah bimbingan Dirjen Bimas Kristen bukan kepada Episkop siapapun, sedangkan Romo-Romo yang melayani dalam lindungan GOI itulah yang bertanggung jawab secara pelayanan gerejawi kepada Episkop mereka sebagai urusan intern. Saat ini GOI terdiri dari 9 paroki dan 6 komunitas yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Pendiri dan Ketua Umum GOI adalah Arkhimandrit Romo Daniel B.D. Byantoro, Ph.D yang juga merupakan pembawa iman orthodox ke Indonesia sekaligus imam orthodox pertama dari Indonesia.

GOI saat ini merupakan bagian dari wilayah kanonik Metropolis Sydney dan Oseania (mencakup Indonesia) dari Genuine Greek Orthodox Church (GGOC) di bawah omophorion Metropolitan Kallinikos (Sarantopoulos), Episkop Agung Athena dan seluruh Yunani.