OktoberSynaxarion

Peringatan Martir Tanpa-Pamrih Kudus Kosmas dan Damian Pelaku-Mukjizat dari Arab Saudi ( Abad 4)

30 Oktober (Greg)/17 Oktober (Julian)

Martir Kudus Kosmas dan Damian dari Arab Saudi berjalan melalui kota-kota dan kampung-kampung, mengkhotbahkan Kristus dan menyembuhkan mereka yang sakit dengan Kuasa Kristus. Mereka tidak mau menerima bayaran apapun bagi pertolongan yang mereka berikan.

Di Kilikia orang-orang pagan menahan kedua Tabib Kudus ini dan membawa mereka menghadap gubernur yang bernama Lysias. Karena mereka menolak untuk menyangkal Iman Kristen, Gubernur memerintahkan agar mereka dipukuli dengan kejam, dan ditenggelamkan ke dalam laut. Namun seorang Malaikat Allah memindahkan mereka dari dalam laut ke pantai. Orang-orang pagan lalu memenggal kedua Orang Kudus ini. Bersama Kosmas dan Damian juga dimartir saudara-saudara mereka yaitu Leontios, Anthymos dan Eutropios.

(Janasuci Martir Tanpa Pamrih Kosmas dan Damian dari Arab Saudi berbeda dengan Js. Tanpa Pamrih Kosmas dan Damian dari Asia Kecil [diperingati pada tanggal 1 November], atau pun Js. Tanpa Pamrih Kosmas dan Damian dari Roma [diperingati pada tanggal 1 Juli]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *