DesemberSejarahSynaxarion

PARA MARTIR SUCI MINOS, HERMOGENES DAN EUGRAPHOS

Diperingati pada 10 Desember (Julian) / 23 Desember (Gregorian)

      Para Martir Suci Minos, Hermogenes dan Eugraphos menderita karena iman mereka kepada Kristus pada masa rezim kaisar Maximianus (305-313M).

      Js. Minos dikirim oleh kaisar dari Athena ke Alexandria untuk menekan kerusuhan yang muncul antara orang-orang Kristen dan orang-orang kafir. Terkenal karena karunia kefasihannya, Js. Minos malah secara terbuka mulai mengkhotbahkan iman Kristen dan dia mengubah banyak orang kafir menjadi Kristus. Mengetahui hal ini, Maximianus mengirim Hermogenes ke distrik Alexandria untuk melakukan pengadilan atas orang-orang kudus, dan terlebih lagi diberi perintah untuk membersihkan kota dari orang-orang Kristen. Hermogenes, meskipun dia seorang penyembah berhala, namun ia mengagumi orang-orang kudus. Dan ditambah lagi ketika ia melihat ketekunan dan ketegaran iman Js Minos di bawah siksaan dan oleh mukjizat kesembuhannya yang ajaib setelah mengalami siksaan yang kejam. Oleh karena itu, diapun juga menjadi percaya kepada Kristus. Akibatnya, ia pun turut ditangkap dan disiksa.

Maximianus sendiri kemudian tiba di Alexandria. Ketabahan yang menakjubkan dari Js. Minos dan Hermogenes ketika mengalami siksaan, bahkan mukjizat-mukjizat dari Tuhan yang terjadi di kota itu yang menyertai mereka, yang mana seharusnya menyadarkan kaisar, tetapi malah membuatnya semakin kesal. Kaisar secara pribadi menikam Js Eugraphos, sekretaris Js Minos, dan kemudian memberi perintah untuk memenggal kepala para Martir suci Minos dan Hermogenes (309M).

      Relic para martir suci, yang dibuang ke laut dalam peti besi, kemudian ditemukan (diperingati pada 17 Februari) dan dipindahkan ke Konstantinopel. Kaisar Justinian membangun sebuah gereja atas nama Martir Suci Minos dari Alexandria. Js Joseph the Melodist (Comm. 4 April) menyusun sebuah kanon untuk menghormati para martir suci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *