DesemberSynaxarion

Martir-Baru Kudus Petrus Orang Aleut [1815]

Diperingati oleh Gereja Orthodox pada tanggal 25 Desember (kalender sipil) / 12 Desember (kalender Gereja)

Martir Kudus Petrus, seorang Aleut dari Alaska, dimartir di San Fransisco ketika California dimiliki oleh Hispania. Petrus dan kawan-kawannya ditangkap di California oleh orang-orang Hispania. Ketika ia menolak meninggalkan Orthodoxia untuk menerima kepercayaan Latin, yang mereka paksakan kepadanya, orang-orang Hispania itu membuatnya menerima kemartiran seperti yang ditanggung oleh Martir Kudus Yakobus orang Persia, dengan mengudungkannya sendi demi sendi. Ia wafat sebab kehabisan darah dalam Pengakuan Iman yang teguh pada tahun 1815.


Troparion Irama I


‘Ya Petrus, di atas batu karang imanmu Kristus telah membangun GerejaNya, dan dalam aliran darahmu ia telah menguduskan negeri kami. Dalammu bangsamu telah dikuduskan, ya Orang Aleut, dari pulau-pulau barat terjauh Dia telah membangkitkanmu sebagai Terang bagi semuanya. Kemuliaan kepadaNya yang telah memuliakanmu. Kemuliaan kepadaNya yang mengerjakan kesembuhan bagi semuanya melaluimu’.


Kontakion Irama IV


‘Sebagai seorang Nelayan yang mahir, sang Martir Petrus tidak tersakiti ketika ia ditangkap oleh seteru-seteru iman, namun dalam Laut Darah Kemartiran, ia telah mendapatkan kerajaan dan menenggelamkan bidat yang pahit’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *